Ladies, Ini 5 Kebiasaan Sehat Ala Wanita Jepang yang Bisa Ditiru!

Tikum Diet – Wanita Jepang terkenal dengan proporsi tubuh ideal dan paras yang cantik natural. Apa rahasianya? Yuk, tiru 5 kebiasaan ala wanita Jepang berikut!

Jepang terkenal dengan lingkungan yang sangat bersih dan orang-orangnya yang berumur panjang. Terutama, wanita Jepang yang sehat, berperilaku lembut, serta dikaruniai kecantikan alami. Semua itu dipengaruhi oleh gaya hidup dan kekayaan budaya mereka.

Para wanita Jepang mengonsumsi makanan yang bergizi, rajin melatih fisik, serta menjaga kebersihan lingkungan. Tak heran, mereka bisa menangani pekerjaan berat dengan mudah dan dapat menyelesaikan tugas dengan stamina yang unggul.

Apakah Anda ingin seperti mereka? Kalau begitu, tiru saja 5 kebiasaan sehat ala wanita Jepang berikut!

1. Rutin minum teh hijau

Teh hijau dan Jepang merupakan dua hal yang identik satu sama lain. Faktanya, minuman ini memang tak lepas dari keseharian wanita Jepang. Secangkir teh hijau benar-benar menyimpan beragam nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari antioksidan, antiinflamasi, hingga antikarsinogen. Rutin mengonsumsinya akan mengurangi risiko kanker, menurunkan berat badan, memperbaiki otot, serta memperlambat penuaan kulit.

2. Membiasakan cara makan yang sehat

Wanita Jepang memegang prinsip pola makan yang terkenal di negerinya, yakni “Ichiju-sansai”. Ichiju berarti 1 sup, sedangkan sansai artinya 3 jenis hidangan.

Untuk sup, mereka biasanya menyantap sup miso. Kemudian, untuk hidangan lainnya, Anda dapat menyediakan 1 menu utama berisi protein, seperti ikan, dan 2 porsi kecil berisi sayur-mayur. Kedua porsi berisi sayuran bersifat melengkapi menu utama sehingga nutrisi tidak hilang dan tetap seimbang.

Lalu, wanita Jepang terbiasa makan dengan sumpit. Mereka juga benar-benar mengapresiasi setiap gigitan dan tidak menaruh makanan sampai memenuhi piring. Hal-hal tersebut baik untuk memperlambat aktivitas makan sehingga otak dengan mudah mengetahui saat perut merasa kenyang.

3. Memperbanyak makanan laut

Walau penduduk Jepang hanya 2 persen daru total populasi dunia, 10 persen dari masyrakatnya, termasuk kaum hawa, terbiasa mengonsumsi makanan laut. Hidangan laut yang menjadi favorit mereka, antara lain, tuna segar, salmon, makerel, hering, dan sarden.

Kebiasaan sehat ala wanita Jepang membawa berbagai nutrisi ke dalam tubuh, salah satunya adalah omega-3. Jenis asam lemak ini terkenal karena khasiatnya dalam menyehatkan jantung dan memperbaiki suasana hati. Selain itu, hidangan laut juga rendah lemak jenuh sehingga bisa menghindarkan Anda dari obesitas.

4. Mengurangi konsumsi daging dan produk susu

“Orang Jepang kadang-kadang juga makan daging,” ujar Makiko Sano, seorang ahli kuliner Jepang. Namun, menurutnya, jumlah yang dikonsumsi tidak sebanding dengan diet orang Barat. Selain itu, produk susu juga tidak termasuk dalam diet tradisional ala Jepang. Keduanya mengandung kadar lemak yang tinggi dan berperan meningkatkan asupan kalori jika disantap setiap hari.

5. Rajin berjalan kaki atau naik sepeda

Tidak hanya jenis hidangan dan cara makan, kesehatan Anda tidak akan bisa meningkat maksimal apabila jarang bergerak. Nah, kebiasaan wanita Jepang yang baik untuk melatih fisik ialah berjalan kaki dan naik sepeda. Kedua aktivitas ini sangat umum di Negeri Sakura. Setiap pagi, baik di desa maupun di kota, orang-orang terlihat melakukan dua hal tersebut.

Jika tinggal di tempat yang leluasa untuk berjalan kaki atau bersepeda, itu artinya Anda beruntung. Namun, apabila sebaliknya, carilah taman atau tepian pantai untuk berolahraga dan menikmati udara segar.

Itulah 5 kebiasaan sehat ala wanita Jepang yang patut ditiru. Apakah Anda sudah siap menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari? Jika masih sulit untuk memulai, cobalah untuk menjadwal rutinitas dan mengajak orang-orang terdekat untuk menjalankan kebiasaan-kebiasaan di atas bersama. Selamat mencoba!

Anda mungkin suka