5 jenis ikan hias peliharaan yang populer, cocok untuk pemula!

Suka dengan biota air? Baru-baru ini terjun ke dunia fishkeeping? Itu artinya, Anda harus mengetahui 5 jenis ikan hias peliharaan yang populer ini!

Suka dengan biota air? Baru-baru ini terjun ke dunia fishkeeping? Itu artinya, Anda harus mengetahui 5 jenis ikan hias peliharaan yang populer ini!

Apakah Anda menyukai biota air dan baru-baru ini terjun ke dunia fishkeeping? Keputusan yang sangat tepat! Salah satu hewan air yang kerap kali dipelihara adalah ikan hias. Ikan hias tidak pernah ketinggalan zaman dan terus-menerus mendatangkan penghobi baru. Orang-orang yang mempunyai bujet terbatas pun bisa memulai kegemaran yang satu ini.

Nah, bagi Anda yang masih pemula, tidak bisa asal-asalan dalam memilih jenis ikan. Maka dari itu, patut untuk memperhatikan pembahasan seputar 5 jenis ikan hias peliharaan terpopuler ramah pemula berikut!

1. Cupang

Siapa pun pasti akan terpana dengan keindahan jenis ikan yang satu ini. Siripnya yang cerah dan beraneka warna membuat cupang alias betta fish populer di kalangan pencinta ikan hias. Ada banyak spesies cupang di dunia. Namun, salah satu yang paling umum adalah Betta splendens, spesies yang dibanderol berdasarkan warna siripnya yang eksotis dan mentereng.

Mengapa cupang begitu digemari? Alasannya simpel. Ikan hias dengan ukuran rata-rata 6,35 cm ini mempunyai pergerakan sirip yang indah. Tidak semua ikan bisa menyaingi poin keunggulan cupang tersebut.

Sebaiknya, berikan habitat yang ideal untuk cupang. Pilih akuarium dengan ukuran yang bisa memuat filter, tanaman, dan dekorasi. Walau cupang bisa bertahan pada temperatur yang dingin, ada baiknya untuk menjaga suhu air tetap hangat, yakni sekitar 22 hingga 27 derajat Celsius. Bukan itu saja, pastikan Anda tidak memberi terlalu banyak pakan yang justru berbahaya bagi kesehatan cupang.

2. Gupi

Gupi merupakan jenis ikan hias peliharaan berikutnya yang cocok untuk pemula. Ikan ini memiliki karakteristik yang tenang dan penuh kedamaian. Tentunya, memperhatikan warna-warni gupi dalam akuarium akan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menyegarkan. Terlebih lagi, hampir semua warna di dunia dimiliki ikan ini. Itulah sebabnya, gupi dijuluki sebagai “ikan pelangi”. Ikan ini juga dibanderol dengan harga relatif murah dan sangat mudah dirawat.

3. Ikan Zebra

Ada ikan yang mirip dengan zebra? Unik sekali, ya? Ikan zebra adalah salah satu jenis populer dan sudah sejak lama dikembangbiakkan secara selektif supaya penampilan fisiknya berubah. Sifatnya mudah bersosialisasi dan mempunyai usia yang cukup lama sehingga cocok untuk dipelihara para pemula. Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki ciri khas motif garis-garis seperti zebra.

4. Neon Tetra

Neon tetra adalah mahkota kebanggaan dari akuarium rumahan. Anggapan ini tidak berlebihan karena kecantikan alami dari ikan ini yang membuktikannya. Selain warna-warninya yang ciamik, neon tetra juga berusia cukup lama, yakni sekitar 5 tahun, sehingga cocok dipelihara oleh pemula.

Habitat terbaik untuk ikan ini adalah akuarium yang setidaknya berukuran 60 cm dengan pH air antara 6 sampai 7. Selain itu, temperatur air yang cocok untuk neon tetra berkisar antara 23 hingga 26 derajat Celsius. Sebaiknya, sediakan pakan ikan berkualitas tinggi yang mengandung sekitar 40 persen protein.

5. Molly

Terakhir, ada molly, ikan yang berasal dari Meksiko dan Amerika Serikat. Ikan hias ini memiliki warna yang cantik dan bervariasi, mulai dari hitam, emas, platina, bintik-bintik dalmatian, hingga marble. Molly cocok untuk pemula karena jinak dan menyukai kedamaian.

Itulah lima ikan hias peliharaan paling populer yang cocok dirawat oleh para pemula. Meskipun baru-baru ini mendalami dunia fishkeeping, pastikan Anda sudah siap dengan berbagai kebutuhan dan perawatan yang dibutuhkan ikan hias. Jangan lupa juga untuk memperkaya referensi dengan menyimak sumber-sumber informasi kredibel terkait hobi. Semoga pembahasan kali ini menambah wawasan dan membantu Anda, ya!

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka