5 Hal Utama Yang Dapat Anda Lakukan Dalam Membantu Komunitas Pencinta Binatang

Bacaan 5 menit

Poin Penting:

  • Nasib hewan yang sering diperlakukan tidak wajar
  • Meledaknya jumlah binatang liar dan sering menjadi sumber wabah rabies
  • 5 hal utama yang dapt dilakukan Animal Lovers untuk komunitas

Sangat penting diketahuii bahwa kesejahteraan satwa indonesia masih jauh dari perhatian kita. Berita negatif mengeni nasib binatang lebih kerap kita dengar di media mainstream, termasuk baru-baru ini perihal anjing dan kucing yang dianggap menjadi hal negatif seprti wabah. Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) Jakarta menyatakan bahwa di tahun 2018 mereka menerima sekitar 100 laporan terkait anjing dan kucing liar yang dikirim oleh warga.

Pemerintah provinsi DKI Jakarta memang memiliki konsern mengenai kesehatan warga dengan upaya menghapuskan rabies yang biasanya ditularkan oleh dua sahabat manusa yang paling sering yaitu anjing dan kucing liar. Foto-foto penangkapan anjing dan kucing liar terlihat rada sadistik dan pada saat bersamaan beredar pula khabar di media sosial bahwa akan ada razia yang menyulut kemarahan pecinta binatang yang mengatakan cara penangkapan yang dianggap menyakiti. Beberapa akun pecinta binatang, seperti Jakarta Animal Aid Network (JAAN) dan Gerakan Anti Kekerasan Hewan Domestik Indonesia (GAKHDI) langsung mewanti-wanti pemilik hewan peliharaan agar tidak melepas hewan mereka di jalanan.

Baca juga:

Potret masyarakat penyayang binatang memang perlu dicermati karena memiliki sahabat hewan peliharaan sangat berguna dan membantu sebagai pendamping manusia yang memiliki kompleksitas hidup dan rutinitas sehari-hari, khususnya yang memilki pekerjaan load tinggi. Sudah bukan rahasia lagi, binatang pendamping dianggap dapat mengisi waktu luang secara positif untuk menghilangkan stres dan sebagai objek untuk mengekspresikan rasa sayang dan cinta kita manusia terhadap binatang.

Para Animal Lovers sering aktif dalam berbagi jegiatan termasuk sharing informasi dan saling membantu dalam memahami peliharaannya lebih dalam, menginformasikan tentang tempat mengadosi, perawatan ataupun sekedar jadi Dog atau cat sitter secara sukarela.

cat purrrrfect

Berikut 5 hal Pencinta Binatang lakukan dalam membantu dirinya sendiri, masyarakat dan komunitas dalam.

  1. Menjadi sukarelawan di tempat penampungan binatang liar: Terdapat beberapa tempat penampungan dan perawatan kesehatan di Jakarta. Institusi ini memang selalu membutuhkan tenaga sukarelawan. Jalan lebih baik lagi adalah bergabung dengan komunitas binatang yang ada ingin fokuskan.
  2. Ikut serta dalam usaha menghindari meledaknya populasi binatang yang Anda pelihara: Anda dapat berkontribusi melalui sterilisasi binatang peliharaanAnda untuk tidak melalkukan pembiaran bertambahnya jumlah binatang peliharaan di sekitar Anda. Setiap tahun, 6 hingga 8 juta hewan peliharaan tanpa rumah dibawa ke tempat penampungan, dan tanpa sterilisasi jumlah ini bahkan akan lebih tinggi bila tidak dikontrol. Perlu diketahui, dengan sterilisasi, binatang peliharaan Anda dapat hidup lebih sehat dan lebih lama usianya diatas rata-rata.
  3. Rajin merawat peliharaan Anda sekali gus menjaga lingkungan yang bersih: Binatang biasanya angat sulit dikontrol dan sering buang hajat dimanapun. Anda perlu memiliki budaya untuk tidak melakukan pembiaran peliharaan Anda membuang kotoran dan meninggalkannya tanpa membersihkannya sehingga dapat mengganggu lingkungan Anda.
  4. Latih Peliharaan Anda: Anda perlu melatih peliharaan Anda agar dapat bertumbuhkembang sebagai peliharaan yang baik untuk Anda dan masyarakat sekitar Anda. Biasanya, memberikan waktu luang bermain atau melakukan latihan olah tubuh dapat menyehatkan peliharaan Anda pada level fisik dan psikologis. Perlu dicatat, seperti kita manusia, setiap makhluk hidup memiliki hak untuk menjalani kehidupannya secara wajar sejak lahir hinggu menutup mata. Every living beings have to fulfil their live and destinity in this world.
  5. Memberi Pertolongan dan Adopsi: Bila Anda memiliki kemampuan financial, waktu dan hati sebagai penyayang binatang, bantu untuk menyelematkan, menyembuhkan bila sakit dan mengadopsi bila Anda memang mampu dalam kriteria yang disebut.

Terdapat banyak cara, contohnya, memberikan waktu walau hanya sekedar bantuan untuk menjaga peliharaan seseorang. Ini telahmenjadi langkah awal dalam menyayangi binatang. Anda dapat selama liburan panjang meluangkan waktu menjaga, mengajak berjalan-jalan atau bermain agar binatang tersebut dapat melepaskan energinya sehingga secara fisik dan psikologis melepaskan vibrasi positif dari binatang kepada kita akan memberikan kebahagian dan cinta.

https://web.facebook.com/kucingdomestic/

Anda dapat mengikuti komunitas Animal Lover tikum pada kanal khusus dengan mengunjungi https://tikum.id.

Anu dapat dihubungi melalui anutualang@gmail.com

Page: http://bit.ly/at-blog-homepage

Anda mungkin suka