5 Destinasi Liburan Hemat dan Singkat untuk Tingkatkan Produktivitas

travel pesona 2 191122

Liburan memang memiliki beragam manfaat, salah satunya untuk mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas.

Sudah hampir setahun kita beraktivitas dari rumah saja, baik itu sekolah ataupun bekerja. Namun, terus-terusan di rumah tentu membuat bosan, bahkan tidak jarang menjadikan tubuh stres hingga turunnya produktivitas.

Untuk menyiasati hal ini, tidak ada salahnya bila kita pergi berlibur agar badan dan pikiran kembali segar serta bisa kembali produktif. Tidak perlu jauh dan mahal; cukup kunjungi beberapa lokasi yang dekat dari rumah saja. Pastinya, liburan di era kebiasaan baru ini harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Berikut adalah beberapa tempat rekomendasi liburan hemat dan singkat untuk kembali tingkatkan produktivitas.

Curug dan Gua

Bogor bisa menjadi lokasi awal dalam berburu curug dan gua. Ada beberapa curug di Bogor yang masih asri dan menjadi favorit para wisatawan. Salah satunya adalah Curug Goa Lumut Endah. Selain menikmati keindahan pemandangan alam, kita juga bisa berenang di aliran sungai yang jernih.

Selain terkenal dengan curug, Bogor juga ternyata memiliki objek wisata gua alam yang belum terlalu tereksplorasi. Beberapa di antaranya adalah Gua Sipahang, Gua Simenteng, dan Gua Simasigit. Akses jalan ke tempat-tempat tersebut juga sudah cukup bagus.

Sentul Hill Trekking

Meningkatkan produktivitas, selain melakukan vacation, juga bisa dilakukan dengan berolahraga. Tidak ada salahnya juga untuk menggabungkan keduanya. Salah satu cara untuk bisa melakukan kedua aktivitas tersebut adalah dengan melakukan hiking.

Setidaknya ada tiga rute yang ditawarkan oleh tim Sentul Hill Tracking dan memiliki tingkat kesulitan berbeda, dari mulai rute yang mudah dan pendek, menengah, sampai ekstrem dengan jarak yang jauh. Seluruh rute nantinya akan finis di salah satu air terjun yang berada di Karangtengah, Babagan Madang, Bogor.

Harga yang ditawarkan cukup bervariasi, tergantung dari usia dan rute yang dipilih, mulai dari Rp125.000 untuk dewasa dan Rp50.000 untuk anak-anak di bawah 10 tahun. Ada tambahan Rp150.000 bila ingin mengunjungi lebih dari satu curug.

Nepal Van Java

Sempat viral di tahun 2020 lalu, Nepal Van Java aslinya adalah sebutan untuk Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kaliangkrik, Magelang. Sebutan ini melekat karena lokasi Dusun Butuh yang terletak di lereng Gunung Sumbing. Permukiman penduduk dengan rumah-rumah bertumpuk membuatnya mirip seperti pedesaan yang ada di Nepal.

Selain menikmati keindahan alam dan segarnya udara yang ada, kita juga bisa melakukan aktivitas- aktivitas lain. Beberapa atraksi wisata yang ditawarkan, seperti petik sayuran dan jelajah kampung. Tersedia pula beberapa spot foto instagramable dan homestay di rumah-rumah penduduk.

Saung Angklung Udjo

Meningkatkan produktivitas juga bisa dilakukan dengan mempelajari hal-hal baru. Belajar bermain alat musik tradisional angklung, misalnya. Salah satu tempat yang tepat untuk memulai belajar angklung adalah di Saung Angklung Udjo yang berlokasi di Bandung.

Saung Angklung Udjo adalah sanggar seni yang dikhususkan sebagai tempat pelatihan pemain dan sentra produksi alat musik khas Jawa Barat lainnya. Pengunjung dapat secara langsung belajar memainkan alat musik angklung dan juga melihat bagaimana cara pembuatannya.

Pantai Indah Kapuk

Bagi penduduk ibu kota yang tidak mau pergi berlibur jauh-jauh, ada juga tempat wisata terdekat dan murah yang bisa dikunjungi selama akhir pekan. Salah satunya adalah Pantai Indah Kapuk yang berada di Jakarta Utara.

Beberapa lokasi di daerah ini merupakan lokasi wisata murah dan indah yang bisa menjadi alternatif short escape untuk menyegarkan badan dan pikiran. Lokasi wisata yang bisa dikunjungi, seperti Pantai Muara Karang dan Hutan Mangrove. Berkunjung ke PIK akan lebih asyik bila bersama keluarga atau rekan-rekan lainnya.

Ternyata, me-recharge tubuh untuk bisa kembali produktif tidak perlu mahal, bukan? Yuk, agendakan liburan singkat selanjutnya!


Men’s Canvas Backpacks Multi-purpose Bucket Mountaineering Travel Bag Large Shoulder Bags Men Army Trip Foldable Hand Bag XA1934
Anda mungkin suka