5 Cara Rawat Kucing Kampung Agar Berubah Menjadi Kucing Anggora

5 Cara Rawat Kucing

Tikum Animal Lover Ingin mengubah kucing kampung agar lebih menarik? Simak artikel tentang 5 cara rawat kucing kampung agar berubah menjadi seperti kucing Anggora ini selengkapnya.

Jika diibandingkan dengan kucing ras, kucing kampung memang terlihat kurang eksklusif karena penampilannya yang biasa saja. Pasalnya, selain tubuhnya kurus, bulu kucing kampung ini pendek dan teksturnya kasar. Padahal, kucing kampung jika dirawat dengan baik, bisa berubah mirip kucing Anggora. Penampilannya bisa berubah menjadi gemuk dengan bulu yang halus dan tebal. Memiliki kucing yang bertubuh gemuk dengan bulu yang tebal tentunya membanggakan, bukan?

Nah, jika ingin tahu rahasia simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

5 Cara Rawat Kucing Kampung Agar Berubah Menjadi Seperti Anggora

Kucing ras domestik atau kucing kampung memang kurang populer dibandingkan jenis ras lain seperti kucing Anggora, Persia, Siam, Ragdoll, kucing Maine Coon, Sphynk, ataupun Russian Blue. Padahal kucing kampung paling mudah untuk dipelihara.

Nah, berikut ini 5 cara mudah mengubah kucing kampung menjadi kucing Anggora.

Mandikan secara Rutin

Meskipun kucing bisa membersihkan diri atau self-grooming, tetapi jika kamu ingin kucing kampungmu menjadi seperti kucing Anggora, mandi setiap minggu adalah wajib.Tidak hanya menghilangkan kotoran di tubuh anabul, mandi juga bisa mencegah bulu anabul rontok.

Gunakan sampo kucing untuk membersihkan dan menumbuhkan bulu agar halus dan lebat.Namun, jangan terlalu sering memandikan anabul karena justru akan membuat bulu mereka rontok parah dan kulit menjadi kering.

Merawat di Rumah

Sebaiknya kucing kampung peliharaanmu tinggal di rumah dan jangan dibiarkan berkeliaran secara bebas. Tujuannya agar kucing tidak terkena parasit dan kutu yang membuat kulit mereka menjadi gatal dan bulunya pun mudah rontok. Suhu ruangan juga harus dijaga agar stabil karena suhu yang terlalu panas atau dingin, akan berpengaruh pada kesehatan kulitnya serta kualitas bulunya.

Memberikan Nutrisi yang Tepat

Tidak hanya perawatan dari luar, perawatan dari dalam juga perlu dilakukan seperti memberikan nutrisi seimbang. Pasalnya, kucing adalah hewan karnivora yang memerlukan nutrisi seperti protein. Berikan makanan berprotein untuk membantu pertumbuhan bulunya.

Selain itu berikan asam lemak omega-3 dan omega- 6 yang bisa diperoleh dari ikan agar bulu kucing mengkilap dan tidak rontok. Ikan juga bisa menjaga kesehatan jantung, ginjal, dan menekan risiko penyakit radang sendi. Tambahkan suplemen seperti minyak ikan dan kuning telur secara rutin secukupnya.

Menyisir Bulu Kucing

Menyisir bulu kucing kampung perlu dilakukan seminggu sekali sebelum dan sesudah memandikan kucing. Tujuannya adalah untuk membuang bulu yang mati dan kotoran sehingga tidak tertelan kucing saat self-grooming. Selain itu, menyisir bulu kucing juga bisa merangsang pertumbuhan bulu kucing. Sisir juga bagian kaki dan bawah tubuhnya yang sulit dijangkau.Gunakan sikat plastik sehingga efektif untuk membuang bulu kucing yang rontok.

Menghindarikan dari Stres

Layaknya manusia, jika mengalami stres kucing juga bisa terganggu kesehatannya seperti mengalami gangguan penyerapan nutrisi. Stres juga bisa disebabkan oleh kucing yang terlampau sering dipukul, dibentak, ataupun kurang perhatian. Kondisi stres bisa mengakibatkan bulu kucing rontok parah serta berkurang nafsu makannya sehingga menjadi kurus.

Solusinya coba ajaklah kucing bermain sambil menyisir bulunya agar tidak stres ataupun kesepian.Saat kucing stres biasanya akan melakukan self-grooming dan menggaruk tubuhnya secara berlebihan. Pada akhirnya, kondisi ini akan mengakibatkan bulunya rontok.

Nah, itulah 5 cara mudah mengubah kucing kampung menjadi kucing Anggora melalui perawatan dan nutrisi. Kucing kampung yang tubuhnya montok dan bulunya lebat tentunya akan lebih enak dilihat, bukan? Tidak hanya itu dengan perawatan dan nutrisi yang baik, kucing juga akan bebas kutu dan jamur.

Kutu dan jamur ini muncul karena badan dan lingkungan kucing kurang bersih. Tanda jamuran pada kucing terlihat dari bulu yang rontok, kucing mengalami kebotakan, iritasi, dan kulit kering. Jadi, siap mengubah kucing kampungmu menjadi indah seperti kucing Anggora?

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tinggalkan komen