5 Benefit Menanam Makanan Sendiri

Bacaan 6 menit

Poin Penting

  • 5 Alasan dan benefit yang luar biasa dari berkebun
  • Psikoterapi terbaik menjaga keseimbangan kesehatan jiwa dan raga

Ada banyak alasan mengapa Anda harus menanam makanan sendiri. Menabur, menanam, dan memanen buah dan sayuran yang tentunya Anda akan menuai banyak manfaat. Yang dibutuhkan adalah ruang luar ntuk matahari (ukuran besar atau kecil terserah Anda), bibit, air dan waktu. Kombinasikan bahan-bahan ini dan segera Anda akan memiliki kebun kecil.

Apakah Anda perlu motivasi untuk mulai menanam makanan sendiri? Di sini sobat diberi 5 manfaat utama yang sangat penting untuk membuat kebun buah dan sayur Anda sendiri.

1. Kesehatan dan Kebugaran

Menanam makanan sendiri te dengan banyrkait dengan manfaat kesehatan jiwa dan raga serta kesejahteraan.

Menanam, menyiangi dan menyirami taman Anda adalah bentuk olahraga yang paling mudah menjadi ritme dan keseharian Anda.

Berkebun adalah cara santai untuk mentransformasi waktuluang menjadi produktif. Selain mendapatkan udara segar dengan matahari pemberi vitamin selain asupan Anda, juga membuat membuat sehat secara mental dan fisik.

sst-berkebun-2

Saat Anda mulai menanam buah dan sayuran, minat Anda pada makanan segar dan sehat yang Anda tanam sendiri yang baik bagi nutrisi tubuh. Berkebun juga merupakan cara terbaik Anda melepaskan diri dari kegiatan mengkonsumsi informasi external yang mencipatakan beban misalnya selalu dengan smartfon, dan komputer Anda yang sebenarnya menkonsumsi pikiran dan energiAnda secara tidakdisadari. Berkebun menjadi media untuk beristirahat dari tekanan kehidupan sehari-hari.

“Kita mungkin berpikir kita memelihara kebun kita, tetapi tentu saja kebun kita yang benar-benar memelihara kita”
Jenny Uglow, Penulis asal Ingris

2. Lingkungan

Menanam makanan sendiri memiliki banyak manfaat lingkungan : Makanan yang ditanam secara organik tentu mengurangi polusi udara dan air karena Anda tidak menggunakan herbisida atau pestisida.

Makanan hasil panen sendiri tidak perlu transportasiyag menjadi beban ongkos, diangkut dari sumber ke pasar. Dari pasar hingga dapur dan piring Anda, lagi-lagi mengurangi polusi udara seperti pesawat, kapal, truk dan mobil semuanya menggunakan bahn bakaruntu bergerak.

Limbah makanan juga berkurang karena kecil kemungkinan Anda membiarkan makanan terkontaminasi atau dibuang begitu Anda bekerja keras untuk menghasilkannya.

Dan yang paling penting lagi, tidak ada kemasan yang digunakan seperti plastik dan bahan sistetik lainnya yang sulai diurai oleh ibu kita bumi.

3. Tali Keluarga

sst-berkebun-4

Saat Anda menanam dan mengembangkan kebun Anda sendiri, makanan bukan satu-satunya hal yang akan bertumbuhkembang. Hubungan dan pertalian Anda dengan keluarga, sahabat, teman dan semua yang ada diorbit Anda juga akan berkembang.

Anda bisa melibatkan seluruh keluarga da orbit Anda dalam pengembangan taman. Anak-anak akan menyukai kesempatan untuk membuat tangan mereka kotor dan orang tua akan menghargai kesempatan untuk memberikan pengetahuan mereka kepada generasi berikutnya.

Membuat taman memberi orang tujuan untuk keluar rumah. Ini menarik diri dari monoton layar HP, komputer dan tv, mendorong interaksi dan komunikasi di antara anggota keluarga.

Kebun dapat ditanam sebagai bagian dari inisiatif komunitas, mengembangkan hubungan dan kohesi komunitas.

4. Keuangan

sst-berkebun-3

Makanan hasil panen rumah mengarah pada penghematan finansial.

Taman yang sukses memiliki kemampuan untuk memenuhi semua kebutuhan buah, ramuan, dan sayuran Anda.

Setelah buah dan sayuran segar tersedia di kebun Anda, daftar belanja Anda ke pasar, indomaret, alfamart atau pasar akan semakin sedikit saat Anda memasukkan bahan-bahan ini ke dalam makanan Anda.

5. Psikoterapi Alami

sst-berkebun-love

Menanam buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah Anda sendiri adalah kegiatan yang menyenangkan dan salah satu bentuk psikoterapi. Bayangkan, kesehatan tubuh Anda terganggu karena Perasaan dan pikiran Anda menjadikan ketidakseimbangan tubuh Anda atau lebih sering kita sebut sakit.

Berkebun memberi peluang lepas dari gangguan penyakit dan Anda tidak membutuhkan psikolog atau psikiater untuk terapi atau bimbingan mengkontrol kondisi, perasaan, dan pikiran agar pikiran dan tubuh selalu balans dan seimbang.

Baca juga: Bagaimana Diet Memengaruhi Kesehatan Mental

Berkebun adalah hobi yang dinikmati oleh banyak orang. Itu dapat dinikmati sepanjang tahun dan merupakan cara yang murah untuk menghabiskan waktu dengan santai.

Memakan buah dari kerja Anda sendiri memiliki makna yang dalam dalam spiritual. Anda semakin sedikit bergantung dengan orang lain, bersyukur dalam menikmati pemberian dari Sang Sumber Pemberi Hidup.

Terbukti, menanam buah dan kebun sayur sendiri memiliki banyak manfaat. Mengapa tidak memulai hari ini dengan melihat berbagai macam benih tanaman yang dapat atau cocok untuk dibudidaya dari tanah dan lahan yang Anda miliki? Atau Anda ingin mencoba hydroponik untuk lahan terbatas Anda?

Anda mungkin suka