5 Barang Esensial untuk Tampil Profesional di Kantor

Siapa bilang tampil profesional di kantor ribet? Siapkan enam barang esensial berikut untuk siap tampil profesional di kantor kapan saja.

Tiap tempat mempunyai situasi masing-masing yang membutuhkan penampilan tertentu. Di kantor yang menjunjung profesionalisme misalnya, ‘menuntut’ pula para pegawainya untuk memiliki pembawaan diri yang profesional pula—salah satunya adalah lewat penampilan.

Tampil profesional di kantor pun sesungguhnya tidak harus repot. Anda hanya memerlukan beberapa barang esensial untuk menciptakan kesan ini—bahkan dengan biaya terjangkau sesuai dengan kemampuan. Setidaknya, enam item berikut inilah yang sebaiknya Anda siapkan untuk tetap menjaga tampilan profesional di kantor.

Blazer Kustom

Satu jenis pakaian yang selalu membuat tampilan terlihat lebih profesional—bahkan jika Anda sedang tidak dalam suasana kantor sekalipun—adalah blazer. Saat ini, ada sangat banyak garmen yang memproduksi blazer secara massal dan mempermudah konsumen untuk mendapatkan barang satu ini secara lebih mudah. Namun, cobalah untuk memiliki setidaknya satu blazer yang secara khusus Anda jahit sesuai dengan potongan tubuh Anda—terutama apabila Anda ingin berkarir dalam waktu yang lama.

Diskusikanlah kepada perancang atau penjahit Anda tentang blazer yang diinginkan. Pilih bahan sekaligus pekerja yang berkualitas sehingga Anda bisa mendapat blazer sempurna yang mencerminkan karakter dan tahan lama.

Sepatu dengan Hak Medium

Beberapa jenis peran menuntut penggunaan alas kaki dengan jenis tertentu. Namun secara umum, setidaknya sediakanlah sepasang sepatu berhak dengan ketinggian yang relatif medium, sekitar 3 hingga 5 cm.

Pilihlah model dengan desain yang pas. Jika Anda akan jarang menggunakannya, maka pilih model sepatu yang relatif aman—tak terlalu banyak aksesori, tetapi nyaman dan sesuai dengan bentuk kaki. Untuk pilihan warna, Anda bisa memilih hitam, beige, atau beberapa warna netral lainnya yang cukup fleksibel untuk dikenakan pada kesempatan yang beragam.

Aksesori Khas

Aksesori merupakan penunjang utama dari setiap penampilan. Ada banyak jenis aksesori yang dapat Anda gunakan, tetapi pilihan paling aman untuk dipenuhi adalah tangan.

Investasikan sebagian dana Anda untuk membeli sebuah jam tangan berkualitas dengan tampilan apik. Model klasik dan rantai bersifat timeless, tetapi jika ingin terlihat lebih sporty maupun menyesuaikan dengan berbagai kebutuhan teknologi yang telah terintegrasi, maka jenis smartwatch juga tak masalah.

Tas Berkualitas

Anda bisa memilih handbag, tote bag, atau yang lainnya sesuai dengan kebutuhan. Kini, telah banyak produk lokal yang menawarkan tas kerja dan profesional yang bergaya sekaligus berkualitas tinggi dengan harga yang masih relatif terjangkau.

Jangan lupa, pilih pula model tas yang sesuai dengan karakter Anda. Masing-masing tas mempunyai desain dan lekukan yang berbeda, sehingga ada baiknya Anda mencobanya terlebih dahulu untuk betul-betul melihat apakah tas tersebut sesuai dengan karakter Anda—maupun yang ingin Anda tampilkan.

Kemeja atau Blus Putih dan Bawahan Netral

Kemeja atau blus putih sepertinya sudah menjadi mandatori di mayoritas perusahaan. Jenis baju yang biasanya dipakai untuk acara formal maupun kasual ini pun terbilang ‘aman’. Paling tidak, Anda akan membutuhkannya untuk melakukan sebuah wawancara.

Selain itu, investasikan pula sebagian kecil uang Anda dalam satu potong bawahan berwarna netral yang tepat bagi Anda. Anda bisa memilih celana atau rok dengan ukuran dan bentuk sesuai proporsi tubuh masing-masing.

Itulah beberapa barang penting yang perlu Anda miliki untuk tetap menjaga tampilan wanita profesional di kantor.

Ingat, tak perlu berpatokan pada merek—pilih saja sesuai dengan kenyamanan dan kemampuan. Bagaimanapun, profesional tidak ditentukan dari merek yang melekat pada tubuh, tetapi dari pembawaan masing-masing individu.


CHUWI GemiBook 13″ 2K IPS Screen LPDDR4X 12GB 256GB SSD Intel Celeron Quad Core Windows 10 Laptop with Backlit Keyboard

Anda mungkin suka