5 Album Terbaik Green Day, Band Punk Rock Hits Era 90-an

Tikum Music – Sempat jadi band punk rock paling digemari di era 90-an sampai 2000-an, Yyuk nostalgia lagi dengan 5 album terbaik Green Day berikut ini!

Green Day adalah salah satu band beraliran punk rock yang sempat bersinar di era 90-an hingga 2000-an. Beberapa lagunya yang hits di kalangan penikmat musik, seperti Wake Me Up When September Ends dan American Idiot. Nah, sejak didirikan pada 1986 silam, band yang digawangi oleh trio Tre Cool, Mike Dirnt, dan Billie Joe Armstrong, ini sudah memproduksi total 22 album. Berikut ini 5 album terbaik Green Day yang paling populer di blantika musik internasional.

1. American Idiot

Album American Idiot kerap disebut sebagai karya masterpiece dari band Green Day. Dirilis pada 21 September 2004, album ini sukses booming di seluruh dunia. Meraih posisi puncak tangga lagu di 19 negara, termasuk Inggris dan Amerika, Green Day juga berhasil menjual lebih dari 14 juta keping kopi album American Idiot di seluruh dunia lho. Atas segala pencapaian tersebut, album ini pun diganjar penghargaan Best Rock Album di ajang bergengsi Grammy ke-47.

2. Dookie

Selanjutnya, ada Dookie yang menjadi salah satu album paling populer dari band Green Day. Album ini dirilis tepatnya pada 1 Februari 1994 dan sukses bercokol di posisi kedua tangga lagu Billboard’s Top 200. Tidak hanya itu, Dookie berhasil memuncaki list teratas Billboard selama kurun waktu 116 minggu lho. Sama seperti American Idiot, album ini juga sukses meraih Grammy Award pada tahun 1995, dengan memenangkan kategori Best Alternative Music Album. Oleh karenanya, tidak heran jika kemudian majalah musik ternama Rolling Stone memasukkan album Dookie dalam daftar The 500 Greatest Albums of All Time pada tahun 2003.

3. Nimrod

Meski tidak sesukses Dookie atau American Idiot, album satu ini tetap dinilai berhasil mencuri perhatian para penikmat musik cadas di seluruh dunia. Pasalnya, sejak diluncurkan pada 14 Oktober 1997, album ini mampu meraih sertifikasi platinum dengan total penjualan mencapai lebih dari 5 juta kopi di seluruh dunia. Bukan cuma itu! Nimrod juga sukses merebut posisi ke-10 tangga lagu bergengsi Billboard Amerika dan bertahan di chart selama 70 minggu. Nah, Good Riddance, Walking Alone, dan Time of Your Life menjadi beberapa lagu yang paling dikenal dari album Nimrod.

4. Insomniac

Album ini sukses membawa Green Day bercokol di posisi kedua chart Billboard’s Top 200 selama sekitar 39 minggu. Insomniac sendiri direkam di Hyde Street, San Francisco, dan dirilis tepatnya pada 10 Oktober 1995. Untuk album ini, Green Day tampak menonjolkan musik yang terkesan lebih nge-punk dan “suram” dibandingkan Dookie. Menariknya, Billie dkk juga menjadikan album ini sebagai sentilan kepada para penggemar yang tidak lagi mendukung mereka setelah album lain tidak sesukses Dookie.

5. Warning

Warning berhasil meraih posisi keempat Billboard’s Top 200 dan bertahan di sana selama 20 minggu. Menariknya, album yang diproduseri sendiri oleh para personel Green Day ini juga menampilkan gaya musik yang lebih condong ke akustik dan pop rock—yang justru menghilangkan sentuhan punk khas band tersebut. Dalam album ini, Fashion Victim pun dinilai sebagai lagu yang paling banyak didengar.

Itulah lima album terbaik dari Green Day yang bakal memanjakan telinga para penikmat musik punk rock. Selain kelima album di atas, tentunya masih ada beberapa album lain yang layak untuk Anda putar ulang untuk sekadar bernostalgia, seperti misalnya Uno! atau 21st Century Breakdown yang juga sukses merebut posisi atas chart Billboard U.S.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.