5 Alasan Mengapa Liga Inggris adalah Liga Sepak Bola Terbaik di Dunia

Liga Inggris kerap disebut sebagai liga sepak bola terbaik di dunia. Apa yang membuat liga ini begitu menarik di mata para penggemarnya?

Bicara soal sepak bola tidak akan lepas dari kompetisi olah si kulit bundar di benua biru. Selain memiliki fasilitas pengembangan dan pelatihan pemain yang paling lengkap, Eropa juga dikenal memiliki kultur sepak bola yang semarak dan militan sehingga kerap menjadi incaran para pemain profesional untuk meniti karir.

Liga Inggris (EPL) adalah salah satu liga terbesar di dunia biru. Di antara liga-liga besar lainnya, kompetisi sepak bola di Inggris menyedot perhatian paling besar selama satu dekade terakhir. Faktanya, selama musim kompetisi 2018-2019, diperkirakan ada lebih dari 4,7 miliar orang yang menyaksikan pertandingan-pertandingan EPL. Angka ini menjadikan EPL sebagai liga olahraga yang paling banyak ditonton di dunia.

Mengapa Liga Inggris begitu digemari oleh para pencinta sepak bola? Inilah beberapa alasannya.

1. Deretan Pemain Bintang yang Tersebar Rata

Sama seperti liga lainnya, EPL juga dipenuhi oleh pemain bintang kelas dunia. Bedanya, jika di liga lain pemain bintang biasanya hanya membela klub-klub unggulan (seperti Barcelona dan Real Madrid di Liga Spanyol atau Bayern Muenchen dan Dortmund di Liga Jerman), di EPL ada banyak pemain brilian yang membela klub-klub papan tengah, seperti Jack Grealish (Aston Villa), Jamie Vardy (Leicester), hingga Danny Ings (Southampton).

Selain nama-nama di atas, masih ada deretan pemain bintang kelas dunia yang membela tim-tim unggulan, seperti Mohammed Salah (Liverpool), Kevin de Bruyne (Manchester City), hingga Timo Werner (Chelsea). Persebaran pemain bintang yang merata membuat kompetisi makin ketat dan sulit ditebak.

2. Kehadiran Pelatih-Pelatih Kelas Dunia

Kultur yang kompetitif serta sokongan dana yang besar dari para investor membuat klub-klub di EPL mampu mendatangkan pelatih-pelatih terkenal dengan filosofi bermain yang unik.
Sebagai contoh, Jurgen Klopp (Liverpool) senang bermain dengan tempo cepat dan menekan lawan di area pertahanannya sendiri (Gegen Pressing). Sementara itu, Jose Mourinho (Tottenham Hotspurs) dikenal sebagai maestro pertahanan berlapis dengan serangan balik mematikan.

Selain kedua nama tersebut, masih ada nama Josep Guardiola, Claudio Ranieri, Marco Bielsa, dan Carlo Ancelotti. Nama-nama tersebut termasuk ke dalam jajaran elite pelatih dunia yang sudah tak diragukan kualitasnya

3. The Big Six

“The Big Six” adalah julukan yang diberikan untuk enam klub unggulan di EPL, yaitu Liverpool, Arsenal, Chelsea, Manchester United, Manchester City, dan Tottenham Hotspurs. Keenam klub tersebut memiliki jumlah penggemar yang jauh lebih besar daripada klub-klub EPL lainnya.

Hal ini menciptakan daya tarik tersendiri karena persaingan di papan atas makin ketat dan tidak tertebak. Terlebih lagi, liga-liga top eropa lainnya yang hanya memiliki 2 atau 3 tim unggulan.

4. Penuh Drama

EPL mungkin adalah liga paling dramatis di muka dunia saat ini. Setiap musim, selalu saja ada momen penuh drama yang unik dan mengundang diskusi. Di musim ini saja, sudah ada beberapa pemberian penalti kepada Machester United drama yang terjadi, mulai dari kekalahan 7-2 Liverpool atas tim papan bawah Aston Villa, insiden setelah pertandingan berakhir, hingga beberapa keputusan kontroversial wasit akibat penggunaan VAR (Video Assistant Referee).

5. Kualitas Broadcasting

Kualitas tayangan EPL adalah salah satu faktor yang memengaruhi popularitasnya. Seluruh lapangan pertandingan tampak apik dan terawat meskipun cuaca sedang hujan atau bahkan bersalju. Siarannya pun jarang mengalami gangguan dan dikelola secara terorganisir.

Hal ini menjadi nilai plus tersendiri bagi para penggemar jarak jauh, termasuk di Indonesia. Tak ayal, di tengah pandemi COVID-19 pun, nilai hak siar EPL tetap naik lho. Hingga kini, pendapatan liga dari hak siar diperkirakan mencapai angka 4,35 miliar Euro (sekitar 72 triliun rupiah).

Itulah lima alasan mengapa EPL adalah liga sepak bola terbaik di dunia. Selain kelima alasan di atas, menurut Anda apa lagi yang membuat Liga Inggris begitu menarik untuk disaksikan?

Author: Aisoise Dongando

Music & Bola adalah nafkah jiwa yang paling murni dan paling mudah dalam menangkap vibrasi. Pop, rock, tekno dan klasik merupakan warna-warni musik dalam format 440 Hz. Kalau bola, cuup gocek kiri kanan lalu pass.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *