4 Tips Bergaya untuk Interview Online

Walau tak bertemu langsung, jangan abaikan penampilan saat wawancara online. Pastikan Anda mempersiapkannya secara maksimal dengan mempertimbangkan empat hal ini.

Tikum Fashion – Berburu pekerjaan menjadi salah satu tantangan tersendiri. Sebagian orang bisa mendapatkannya, tetapi sebagian lainnya harus menunggu lama bahkan hingga hitungan tahun untuk memperoleh sebuah pekerjaan.
Adapun dalam pencarian pekerjaan tersebut, wawancara menjadi tahap yang paling menakutkan dan bahkan mendebarkan bagi banyak orang. Pasalnya, di tahap inilah pemberi kerja dapat melihat secara utuh kandidat yang dicari untuk mengisi posisi tertentu.

Hal ini juga tetap berlaku bahwa jika wawancara harus dilakukan secara online sekalipun seperti yang mulai banyak diterapkan perusahaan selama beberapa tahun terakhir. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda kurang persiapan yang matang untuk tahap satu ini.

Salah satunya adalah saat memilih busana maupun berdandan. Anda perlu memberi penampilan yang pas agar pewawancara melihat Anda sebagai kandidat yang potensial. Karena itu, paling tidak, perhatikan empat hal berikut saat akan melakukan wawancara online.

1. Berhati-Hati dengan Make-Up

Make-up tidak sebaiknya Anda gunakan untuk mengubah tampilan Anda secara drastis. Riasan wajah justru semestinya dapat memaksimalkan atau menonjolkan karakter Anda dan memberi tambahan kepercayaan diri.
Karena itu, gunakanlah make-up sewajarnya. Hindari menggunakan riasan yang terlalu tebal karena justru akan menjauhkan Anda dari kesan profesional. Selain itu, studi menunjukkan bahwa seseorang yang menggunakan riasan tebal dinilai kurang memiliki jiwa kepemimpinan.

Di sisi lain, jika Anda tak terlalu menyukai make-up sekalipun, tak masalah. Hanya saja, make-up dapat membantu wajah Anda terlihat lebih segar dan menunjukkan ada sedikit effort lebih yang dilakukan untuk wawancara tersebut.

2. Hindari Baju dengan Motif Ramai

Anda mungkin ingin tampil ingin lebih maksimal karena pewawancara Anda tak dapat mengenali bahasa tubuh Anda lebih leluasa dibandingkan înterview langsung. Maka dari itu, Anda pun bermaksud untuk tampil dengan baju yang lebih ‘cerah’ sebagai kompensasinya.

Sayangnya, hal ini kurang tepat. Anda justru tidak semestinya menggunakan baju dengan motif yang terlalu ramai. Pasalnya, hal tersebut dapat mendistraksi pewawancara dengan hal-hal substansial dari keseluruhan interview justru terlewatkan.

Pemilihan motif ini sebenarnya juga penting diperhatikan saat nantinya Anda berkecimpung di dunia kerja. Pakaian dengan motif yang terlalu ramai akan memberi kesan kurang profesional sehingga mungkin memengaruhi beberapa kehidupan Anda di lingkungan kerja.

3. Berpakaian Rapi dan Utuh

Bicara soal pakaian, pastikan Anda juga mengenakan pakaian yang rapi saat interview kerja. Sekalipun tempat kerja yang Anda lamar menerapkan budaya kasual, pastikan Anda tidak mengenakan kaus oblong atau pakaian terlalu santai lainnya.

Perhatikan pula kusut atau tidaknya pakaian yang Anda kenakan. Hal ini juga berlaku pada jilbab (jika Anda menggunakan jilbab). Setrikalah sehingga meminimalkan lipatan yang dapat berkesan sedikit acuh terhadap penampilan.

Tak ketinggalan, gunakan pakaian yang ‘siap’ secara utuh. Meski sebagian besar sisi pinggang ke bawah tak akan terlihat saat wawancara online, pakaian yang Anda kenakan dapat memengaruhi psikologi. Berpakaian rapi seutuhnya akan membuat Anda merasa lebih sadar dan siap untuk melakukan agenda profesional.

4. Kenakan Baju yang Nyaman

Terakhir, pastikan Anda memakai baju yang nyaman. Wawancara kerja saja bisa cukup menegangkan dan membuat Anda tak terlalu nyaman selama beberapa waktu. Oleh karena itu, minimalkan ketidaknyamanan tersebut dengan pakaian yang nyaman.

Gunakan bahan pakaian yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin sehingga Anda tidak akan terdistraksi. Selain itu, pilih warna dan pakaian yang mampu meningkatkan kepercayaan diri Anda asal tetap dalam batas wajar dan dapat diterima.

Begitu juga dengan aksesoris. Anda dapat menambahkan kalung, gelang, anting, atau jam tangan guna menunjang penampilan. Namun, tentu saja, pilihlah aksesoris yang mendukung dan sesuai tema serta tidak berlebihan.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka