Siapa Sangka, 4 Tempat Makan Enak di Jakarta Ini Letaknya Tersembunyi?

Tikum Kuliner – Ingin Coba Sensasi Baru Wisata Kuliner Sembari Jalan-Jalan, Ini Dia 4 Tempat Makan Enak di Jakarta Yang Bisa Kamu Kunjungi!

Sebagai kota besar, kini, sebagian besar kuliner enak di Jakarta dapat kita temukan dengan mudah di mal atau pusat perbelanjaan. Banyak di antaranya yang kemudian membuka cabang di banyak tempat atau dilengkapi dengan outlet nyaman. Namun, tahukah ada bahwa beberapa kuliner lezat di Jakarta, justru terletak sangat tersembunyi?

Jangan salah, meski terpencil dan kadang kala susah untuk ditemukan, sejumlah tempat makan ini begitu legendaris dan tak pernah sepi pengunjung, lho. Beberapa orang bahkan rela menelusuri gang-gang kecil, atau bahkan mengantre sangat panjang untuk dapat mencicipi seporsi makanannya.

Kalau kamu penasaran dan ingin mencoba sensasi baru wisata kuliner sambil jalan-jalan, berikut empat tempat makanan enak yang bisa kamu temukan. Tentunya, dengan usaha ekstra, ya!

4 Tempat Makan Enak

1. Masakan 19 Chinese Food

Kalau bukan karena kelezatannya, rasanya orang tidak akan berbondong-bondong mendatangi tempat makan yang satu ini. Pasalnya, lokasi Masakan 19 Chinese Food sangat kecil dan terpencil.

Berada di dalam Gang Caiho, Tambora, tempat makan ini hanya memiliki sekitar dua hingga tiga meja makan. Dapurnya pun langsung ada di dalam gang sempit. Saking sempitnya, kamu bahkan harus bergantian dengan pengunjung lain, agar tak bertabrakan saat memesan atau menyantap makanan. Meski demikian, jangan ragukan rasanya, ya. Beberapa menu yang bisa kamu coba, mulai dari mi goreng, cumi goreng tepung, bistik, olahan ayam, sapi, hingga menu nonhalal.

2. Claypot Popo

Sempat begitu populer di media sosial, dari depan, tempat makan ini mungkin akan tampak seperti toko yang tutup. Namun, sensasi nostalgia akan ‘rumah’ akan begitu terasa ketika kamu membuka pintu dan masuk ke dalam restoran yang dipenuhi interior jadul. Maklum, terinspirasi kenangan akan sosok nenek, restoran mini ini memang mengangkat menu makanan rumahan untuk menghadirkan kesan nyaman.

Menu yang disediakan pun tergolong menu rumahan chinese food, mulai dari nasi sapi, aneka minuman segar, camilan, hingga olahan ayam. Satu yang spesial, sejumlah makanan—seperti menu siram—akan disajikan menggunakan claypot. Nah, kamu bisa mendatangi rumah makan ini di Jalan Melawai 9 No. 38, Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Buka setiap hari mulai pukul 11.30-21.00 WIB, harga makanan dan minuman dibanderol mulai dari Rp20 ribu.

3. Gudeg Bu Tinah

Kalau kamu kebetulan ada di sekitar Stasiun Gondangdia, Menteng, jangan lupa mampir ke tempat makan satu ini ya. Meski namanya gudeg, Gudeg Bu Tinah dapat dikatakan sudah dimodifikasi dan sedikit berbeda dengan gudeg asal Yogyakarta yang cenderung manis. Rasanya mirip seperti gudeg Surakarta yang dimasak sedikit basah dan gurih.

Sebenarnya, lokasi Gudeg Bu Tinah tak begitu terpencil. Namun, untuk mencapainya, kamu harus sedikit mengeluarkan upaya, sebab ada banyak warung berwarna oranye yang terlihat serupa

4. Wong Fu Kie

Meski berada di pusat kota dan keramaian Glodok, tempat makan Wong Fu Kie tetap agak susah ditemukan. Pasalnya, kamu harus menelusuri banyak gang, jalan sempit, bahkan percabangan. Jadi, salah satu solusinya ,adalah bertanya dengan warga lokal. Hal ini biasa terjadi, sebab saking legendarisnya, tempat makan yang satu ini tak perlu beriklan. Cukup mengandalkan testimoni dari mulut ke mulut.

Seperti halnya restoran chinese food lain, Wong Fu Kie juga menyajikan menu khas Tiongkok khususnya Hakka. Tempat makan ini bahkan disebut-sebut sebagai salah satu restoran Hakka tertua di Jakarta yang mayoritas menunya memang autentik. Beberapa menu yang bisa kamu coba di sana, yaitu Wong San Fumak (belut goreng), ayam rebus, Mun Kiaw Mien Seafood, dan masih banyak lagi.

Itu dia 4 tempat makan enak Jakarta yang letaknya tersembunyi. Kalau ingin berkunjung, jangan lupa pakai baju dan alas kaki yang nyaman, ya!

 .
Anda mungkin suka