4 Pelatih Non Inggris yang Sukses Besar di Liga Primer

Simak deretan pelatih berkebangsaan non Inggris yang sukses besar saat melatih tim-tim di Liga Primer Inggris.

Tikum Liga Inggris – English Primer League (EPL) atau Liga Primer Inggris merupakan salah satu liga sepak bola top Eropa yang memiliki banyak penggemar. EPL menawarkan permainan menarik dan juga kental akan rivalitas klub yang membuat pertandigan di lapangan hijau kian sengit. Selain dipenuhi deretan pemain top, kesuksesan klub-klub di EPL tak lepas dari campur tangan para pelatih. Berikut pelatih-pelatih non Inggris yang sukses besar di Liga Primer.

1. Pep Guardiola

Pep Guardiola merupakan pelatih asal Spanyol yang berhasil mendulang sukses besar di EPL. Guardiola datang ke Inggris tahun 2016 dan menjadi aktor di balik suksesnya Manchester City selama 5 tahun terakhir. Memiliki reputasi bagus sebagai pelatih Barcelona dan Bayern Munchen, Pep tentu ingin membuktikan yang sama di Inggris.
Pada musim pertama di City, Pep harus melakukan banyak pekerjaan termasuk membenahi skuadnya. Klub menghabiskan banyak uang di bursa transfer musim panas tahun 2017 agar sang pelatih mendapatkan pemain yang ia butuhkan.

Setelah itu, Pep berhasil membawa anak-anak asuhannya tampil gemilang. Bersama The Citizen, Pep telah mengoleksi tiga gelar EPL, empat gelar Piala Liga Inggris, satu Piala FA, dan dua trofi Super Cup. Saat ini, Pep masih terikat kontrak bersama Manchester City hingga tahun 2023 mendatang.

2. Jurgen Klopp

Jurgen Klopp merupakan pelatih asal Jerman yang berhasil membawa Liverpool kembali berjaya. Sebelum Klopp datang, The Reds hanya berhasil mengantong dua trofi dalam sepuluh tahun terakhir. Klopp meninggalkan klub Jerman Borussia Dortmund dan resmi bergabung dengan Liverpool pada tahun 2015.

Setelah bermarkas di Anfield, Klopp secara perlahan-lahan mulai mengubah mentalitas tim. Berkat tangan dinginnya, Liverpool berhasil memenangkan Liga Champions pada musim 2018/2019. Di musim 2019/2020, tim asuhannya kembali berhsil membawa pulang trofi Liga Primer, Piala Super UEFA, serta Piala Dunia Antarklub. Berdasarkan kontrak, Klopp diharapkan masih bermarkas di Anfield hingga Juni 2024.

3. Roberto Mancini

Nama Mancini menjadi perbincangan hangat sepanjang bulan lalu setelah berhasil mengantarkan Timnas Italia meraih gelar Euro 2020. Jauh sebelum itu, Mancini juga pernah mendulang sukses bersama salah satu tim besar di EPL, yakni Manchester City.

Pria berkebangsaan Italia ini menjadi pelatih di The Citizen mulai dari tahun 2009 hingga 2013. Pada tahun 2011, ia berhasil membawa timnya meraih trofi besar pertama mereka dalam 35 tahun saat berhasil memangkan Piala FA. Di musim 2011/2012, timnya berhasil meraih trofi EPL dan setahun kemudian trofi Piala Super Inggris. Sayangnya, Mancini gagal mengulang kesuksesan yang sama pada musim selanjutnya sehingga ia dipecat dari posisi pelatih pada tahun 2013.

4. Thomas Tuchel

Thomas Tuchel membuat prestasi luar biasa di Liga Primer Inggris setelah pada musim pertamanya berhasil membawa Chelsea memenangkan trofi Liga Champions musim 2020/2021. Pria berkebangsaan Jerman ini datang untuk menggantikan posisi Frank Lampard yang dinilai gagal mendongkrak performa tim.

Tuchel menandatangani kontrak dengan The Blues pada Januari 2021. Hanya butuh waktu lima bulan, Tuchel sukses membawa timnya memenangkan trofi Liga Champions dan finish di posisi ke-4 Liga Primer Inggris musim lalu. Pria berusia 47 tahun ini diharapkan bisa membawa prestasi besar bagi Chelsea, mengingat capaian di musim pertamanya berada di atas rata-rata. Tuchel telah menandatangani kontrak dengan The Blues hingga Juni 2024.

Demikianlah empat orang pelatih sepak bola yang berkebangsaan non Inggris yang sukses besar di kancah Liga Inggris.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka