4 Kesalahan Dalam Konsumsi Kopi

Sudah berapa cangkir kopi kah yang Anda minum hari ini? Agar manfaat minum Kopi bisa dirasakan maksimal mari kita simak beberapa aturan berikut ini

Tikum Food – Kebiasaan minum kopi sudah dilakukan banyak orang di seluruh dunia. Manfaat dari minum kopi juga banyak seperti meningkatkan fokus, menurunkan risiko penyakit otak dan saraf, mempertajam daya ingat. Namun, kita juga wajib tahu mengatur takaran minum per hari.

Beberapa orang memang tidak bisa lepas dari kopi dan perlu diingat, mengonsumsi kopi yang tidak benar bisa merugikan kesehatan. Bahkan bisa menimbulkan kerusakan otak. Untuk itu hindari sejumlah kesalahan berikut ini agar tetap dapat merasakan manfaat minum kopi.

1. Minum terlalu malam

Berdasarkan Headache and Traumatic Brain Injury Center University of California, Kafein mampu bertahan pada aliran darah hingga 5 jam. Dan jika Anda minum kopi pada malam hari bisa merusak kualitas tidur Anda.

2. Menggunakan Gula berlebihan

Mengkonsumsi gula pada orang dewasa sering dihubungkan dengan penurunan fungsi kognitif. Untuk itu sebaiknya Anda membatasi tambahan gula pada kopi, terutama pada kopi cepat saji.

3. Mengkonsumsi kopi berlebihan

Berdasarkan Nuturional Neuroscience jika Anda minum kopi 6 cangkir per hari disebut dapat membuat volume total otak lebih kecil dan peningkatan risiko Demensia sebasar 54 persen.

4. Mendadak berhenti minum Kopi

Berhenti minum kopi secara tiba-tiba bisa mengganggu fungsi otak, karena kafein dikeluarkan secara mendadak. Tapi jika ingin berhenti, lakukanla secara bertahap.

Selain poin diatas pilihan kopi, penggilingan, jumlah kopi hingga air, dan faktor lain juga turut menentukan rasa dan kekuatan kopi.

Kopi yang diseduh mengandung sekitar 100-150 mg kafein per cangkir. Kopi instan mengandung 85-100 mg kafein per cangkir. Kopi tanpa kafein mengandung sekitar 8 mg kafein per cangkir, sedangkan Sangrai yang lebih gelap mengandung lebih sedikit kafein karena proses pemanggangan.

Nah sekarang Anda sudah tahu bagaimana memilih dan mengatur asupan kafein serta menjaga pola minum Kopi. Jangan lupa bagikan artikel ini ke orang-orang disekitar Anda.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka