Mengenal 301 Cycling Club Jakarta

“Tiada masa paling indah, masa- masa di Sekolah. Tiada kisah paling indah, Kisah kasih di sekolah.” sebuah Lirik lagu lawas yang mungkin bisa menggambarkan indahnya masa bersekolah. Lalu apakah setelah lulus sekolah masih bisa terus kompak? Yuk, kita lihat kisah Alumni sekolah edisi hari ini.

komunitas 301 Cycling Club Jakarta 2

Berdasarkan The Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), maraknya pengguna sepeda di ibu kota saja sudah mencapai 1000 persen dari atau 10 kali lipat dari sebelum masa Pandemic Covid-19. Bahkan, Dinas perhubungan DKI Jakarta memperkirakan pada hari kerja rata-rata pengguna sepeda yang melintas di jalan Sudirman – M.H. Thamrin pada periode Juni 2020 -Januari 2021 dalam sehari bisa mencapai 3000 orang lebih.

Berbicara mengenai klub olahraga sepeda yang masih menjadi trend saat ini memang tak ada habisnya. Berbagai tujuan dan motivasi bertumbuhnya klub sepeda juga sangat beragam. Mulai dari kesamaan gender, hobi, profesi, hingga kumpulan para alumni sekolah.

Komunitas sepeda yang akan kami perkenalkan kepada Anda di minggu ini berasal dari ikatan alumni sekolah SMA 3 Jakarta, Angkatan 2001, yang punya kesamaan dalam berolahraga sepeda, Mereka adalah 301 CYCLING CLUB.

301 Cycyling Club (301 CC) Awalnya mereka adalah alumni dari SMA 3 Jakarta, Angkatan 2001. Mereka pertama kali berkumpul dan melakukan riding perdana pada tanggal 7 Mei 2020. Saat itu Indonesia sedang dilanda pandemic Covid-19, dan hanya olah raga bersepeda yang rasanya paling memungkinkan untuk dilakukan secara bersama-sama.

Para pendiri klub ini yang disebut INITIATOR terdiri dari beberapa orang yang memang sudah berteman dan bersama-sama selama hampir 20 tahun. Mereka adalah: Freddy Sitohang, Bintang Drestanto, Aldi Reginaldi, Yori “Koi” Hehanusa, Rangga Saputra dan Randy “Boboy” Nindito.

komunitas 301 Cycling Club Jakarta 3
(Foto Eksklusif tikum.id INITIATOR)

Visi terbentuknya klub sepeda ini adalah ingin mempererat tali persahabatan yang sudah terjalin selama 20 tahun setelah lulus sekolah sejak tahun 2001 melalui sebuah wadah Hobi. Kebetulan kegiatan pilihan Angkatan 2001 adalah bersepeda bersama, karena kegiatan ini dapat sekaligus menambah jaringan pertemanan, koneksi, dan relasi yang nantinya bermanfaat untuk kemajuan usaha dan kegiatan seluruh anggota yang tergabung di klub.

Misi 301 CC adalah ingin disiplin menjalankan pola hidup sehat melalui bersepeda, sekaligus menjadi contoh sebuah ikatan alumni sekolah yang masih tetap solid melalui hobi bersepeda.

komunitas 301 Cycling Club Jakarta 4

Untuk saat ini mereka belum menggunakan struktur resmi kepengurusan klub, jadi hanya berupa ‘Person in Charge’ atau koordinator untuk perwakilan kegiatan dari para inisiator yaitu, Bro Aldi Reginaldi, Bro Rangga Saputra, dan Bro Randy “Boboy” Nindito.

Latar belakang profesi para anggota 301.CC sangat beragam, mulai dari dari Wirausahawan, Dokter, Designer, Perfilman, Pegawai Negeri Sipil, Pegawai BUMN dan Pelatih Olah Raga Profesional. Walau mayoritas anggota tinggal di Jakarta namun karena dasarnya klub ini adalah ikatan alumni anggota mereka turut tersebar di beberapa kota di Indonesia seperti Kota Bandung dan Semarang.

Hal unik yang membedakan klub sepeda ini adalah mereka tidak membedakan apapun jenis sepeda anggota, semua jenis sepeda yang dimiliki para alumni SMA 3 Jakarta bisa bergabung. 301 CC ada tidak pernah menutup pintu silaturahmi untuk relasi para anggota baik dari teman bisnis atau lingkunan pertemanan lainnya untuk bisa bergabung untuk gowes bersama.

Mari kita simak apa saja kegiatan dari 301 CC. Berikut diantaranya:

  • Gowes mingguan, ini adalah kegiatan rutin yang mereka lakukan setiap hari Sabtu pagi sambil sarapan bersama di tempat-tempat yang sudah disepakati bersama.
  • Gowes bersama, sebuah kegiatan bersepeda yang bertema spesial di setiap minggu atau bulan. Tema ini biasanya disesuaikan dengan tempat atau tujuan “Gowes bersama”
  • Gowes Support, Kegiatan ini dilakukan seluruh anggota 301 C dengan berkunjung ke tempat usaha teman-teman. Bukan bermaksud mencari gratisan, akan tetapi lebih untuk mendukung kegiatan bisnis mereka dan turut meramaikan di lokasi. Sebab bentuk usaha teman-teman 301 CC sangat bermacam-macam, mulai dari Restaurant, Cafe, Coffee Shop, hingga bengkel sepeda.
komunitas 301 Cycling Club Jakarta 5
komunitas 301 Cycling Club Jakarta 6
komunitas 301 Cycling Club Jakarta 7

Kegiatan Riding terjauh dari Klub ini baru mencapai rute Jakarta-Bogor-Jakarta dengan jarak tempuh sejauh 100 km. Namun, untuk rata-rata riding 301 CC ada di 40 km-80 km di setiap Gowes besama pada hari sabtu dengan kecepatan yang normal dan santai.

komunitas 301 Cycling Club Jakarta 8

Menurut perwakilan komunitas ini, kedepannya masih banyak rencana kegiatan dan program yang akan dilakukan seputar bakti sosial, donasi, dan kolaborasi bersama berbagai klub sepeda di sekitar kota Jakarta seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Semoga niat yang baik ini dimudahkan segala urusannya ya sobat tikum.

Seru bukan kegiatan 301 CC, mari kita juga terus menjalin silaturahmi seperti mereka, dan Kami mengajak seluruh alumni sekolah khususnya SMA 3 Jakarta untuk kembali berkumpul dan bergabung untuk berolahraga sepeda bersama. Semoga cerita dari 301 CC juga bisa menjadi insipirasi berbagai alumni pendidikan dan teman-teman lainnya di seluruh Indonesia.
Salam Gowes.

As we go on, we remember, All the times we had together, and as our lives change, come whatever, We will still be friends forever.
Vitamin C


[World Premiere] Ticwatch GTH Fitness Smartwatch Men/Women Monitor Skin Temperature Oxygen Sleep Tracking Waterproof Swim

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka
Tunjukkan Komen (4)