22 Kuliner Warisan Belanda

Makanan dibawah ini memberi warna kedalam repertoir kulinari dan gastronomi Indonesia dan menjadi salah satu alasan bagi pencinta kulinari yang ingin lebih banyak mengenal dan tahu asal asul dan sejarah dari makanan yang merupakan aset kekayaan Indonesia. Mengingat ini adalah bulan kemerdekaan, para sobat silahkan mencari tahu sekaligusmenikmati kuliner dibawah ini.

Bacaan 10 menit

Poin

  • Makanan Belanda yang di perkenalkan ratusan tahun lalu, masih dicari dan eksis di jaman Now
  • Makanan masa lalu dikreasi menjadi makanan yang masih dominan dalam kehidupan kita sehari-hari

Indonesia dijajah Belanda 3,5 abad lamanya meninggalkan banyak pengaruh kedalam kehidupan kita. Hal ini termasuk arsitektur bangunan, kata dalam bahasa, dan kuliner tentunya.

Makanan dibawah ini memberi warna kedalam repertoir kulinari dan gastronomi Indonesia dan menjadi salah satu alasan bagi pencinta kulinari yang ingin lebih banyak mengenal dan tahu asal asul dan sejarah dari makanan yang merupakan aset kekayaan Indonesia. Mengingat ini adalah bulan kemerdekaan, para sobat silahkan mencari tahu sekaligusmenikmati kuliner dibawah ini.

1. Spiku

food-kuliner-belanda-spikue

Di Indonesia, kue ini lebih dikenal dengan sebutan Lapis Surabaya. Kue ini juga adalah makanan peninggalan zaman Belanda. Terkait nama, kue Spiku ini diambil dari kata Spekkoek yang berarti kue lapis. Secara rupa mungkin kue ini mirip dengan lapis legit, namun masalah rasa, tentu sangatlah berbeda. Kue lapis legit yang ada di Indonesia saat ini, konon adalah modifikasi spekkoek asli atau spekkoek kuno.

Ingin membeli kuliner ini online: Madam’s Kitchen

2. Kue Telur

food-kuliner-belanda-kuetelur

Kue ini masih punya rasa yang sama seperti rasa kue khas Belanda. Kue yang dibuat dengan campuran adonan tepung tapioka, gula, susu dan telur ini punya rasa yang manis, dan lembut.

3. Lapis Legit

food-kuliner-belanda-lapis-legit

Nama asli dari kue ini adalah Spekkoek, sering disajikan dalam bagian Rijsttafel, berkembang pada masa kolonial Hindia Belanda yang memadukan etiket dan tata cara perjamuan resmi Eropa dengan kebiasaan makan penduduk setempat yang mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok dengan berbagai lauk-pauknya. Kue ini tergolong sulit untuk dibuat.

4. Kroket

food-kuliner-belanda-kroket

Kroket adalah makanan yang umum rada mudah ditemukan di pasar dan mall. Biasanya jadi cemilan dan bekal ke sekolah. Olahan kentang tumbuh satu ini juga disebut kroket di Belanda.

Lucunyam cita rasa Indonesia mempengaruhi kroket Belanda dengan isi ragout dengan bumbu sate yang populer sebagai jajanan pinggir jalan di Belanda hingga sekarang.

5. Kue Ape

food-kuliner-belanda-kue-cubit

Jajanan yang sangat populer di Jakarta. Hampir di semua tempat terutama di sekolah-sekolah sudah banyak penjual kue Ape yang terkadang orang menamakannyakue cubit. Di Betawi sendiri ada sejarah mengapadi namakan kue Ape. Konon calon pembeli (orang Betawi) bertanya ke sang penjual tentu dengan dengan logat lokalnya, “Ini kue ape, bang?” Ape disini maksudnya adalah ‘Apa’. Namun sang penjual juga merespon pertanyaan tersebut dengan mengatakan ‘Ya, kue ape’. Hingga kini nama Kue Ape pun digunakan untuk jajanan.

Kue Ape sebenarnya terinspirasi dari panekuk mini khas Belanda yang disebut Poffertjes, karena bahan-bahan dan cara membuatnya pun relatif sama.

6. Nastar

food-kuliner-belanda-nastar

Satu lagi kue kering khas Lebaran yang ternyata diwariskan Belanda, yaitu Nastar. Kue ini dilihat dari etymologinya berasal dari annanas taart yang berarti tart nanas. Aslinya kue ini menggunakan selai stroberi, persik, atau buah-buahan lain yang populer di Eropa. Karena sulit ditemukan di Indonesia, akhirnya diganti dengan nanas yang jauh lebih mudah dicari.

7. Roti Buaya

food-kuliner-belanda-roti-buaya

Roti buaya yang dibawa bangsa Belanda dan lalu menjadi kuliner penting bagi warga Betawi, terutama di acara-acara pernikahan. Awalnya roti ini dibuat dari ketela atau singkong. Lalu Belanda memperkenalkan teknik pembuatan roti berbahan gandum, sehingga roti buaya pun mengadopsinya.

8. Klappertaart

food-kuliner-belanda-klappertart

Kue tart kelapa satu ini adalah kuliner khas dari Manado, Selawesi Utara yang terbuat dari terigu, susu, santan, gula, mentega, dan daging buah kelapa.

Konon Klappertaart munucl pada masa penjajahan Belanda sebagai hindangan penutup kala itu.

9. Kastengel

food-kuliner-belanda-castagnel

Kastengel adalah kue kering yang ditaburi keju di atasnya. kue ini kerap ada sebagai sajian bagi tamu di hari raya. Konon kue ini awalnya adalah satu di antara Hapjes atau snack yang sangat populer di Belanda.

11. Gandjel Rel

food-kuliner-belanda-gandjel-rel

Makanan ini adalah roti khas Semarang, tapi di Semarang roti ini disebut dengan Kue Gambang. Nama ‘Gandjel Rel’ diberikan pada roti ini karena selain teksturnya yang bantat, bentuk roti ini seperti ganjel atau bantalan rel.

12. Onbijtkoek

food-kuliner-belanda-Onbijtkoek

Kue ini adalah kue bolu berbahan dasar gandum hitam yang kaya akan rempah. Dalam bahasa Belanda, Onbijt artinya sarapan dan Koek artinya cake atau kue. Jadi Onbijtkoek disantap saat sarapan pagi ditemani secangkir kopi atau susu hangat.

13. Roti Goreng

food-kuliner-belanda-roti-goreng

Roti goreng juga termasuk makanan yang dimodifikasi dari kuliner Belanda. Roti goreng manis yang sering kita jumpai di pedagang kaki lima diduga merupakan adaptasi dari oliebollen, roti goreng manis a la Belanda.

14. Pastel Tutup

food-kuliner-belanda-pastup

Bagaimana dengan pastel tutup? Ternyata di Belanda sana makanan ini disebut indische pastei. Sementara arti pastei adalah pai. Pastel tutup yang menggunakan kentang sebagai penutup memang mirip dengan Sheperd’s pie. Hanya saja, pastel tutup tidak menggunakan daging cincang murni. Biasanya daging yang diolah menjadi ragout atau sup krim lebih sering digunakan.

Ingin membeli kuliner ini online: Madam’s Kitchen

15. Dadar Gulung

food-kuliner-belanda-dadar-gulung

Kue basah yang biasanya diisi kinca dari parutan kelapa dan gula merah ini ternyata juga hasil pengaruh kuliner Belanda. Tepatnya dari kue dadar ala Belanda yang berbahan sama, yaitu tepung terigu dan telur.

16. Selat Solo

food-kuliner-belanda-selat-solo

Makanan khas Solo, salah satu peninggalan Belanda dan dulunya merupakan privilese kaum ningrat di Keraton. Selat Solo juga melakukan modifikasi dari resep bistik asal belanda. Topping dan saos yang digunakan telah disesuaikan dengan lidah Indonesia.

17. Sop Brenebon

food-kuliner-belanda-sop-brenebon

Sup berbahan kacang merah, yang lebih dikenal di wilayah timur Indonesia. Sup ini diadaptasi dari makanan Bruine Bonensoep asal Belanda. Perbedaannya ada pada kuah, Sop Brenebon punya kuah yang lebih bening ketimbang Bruine Bonensoep.

18. Sop Senerek

food-kuliner-belanda-sop-senerek

Ini adalah sop kacang merah yang bisa dengan mudah ditemui di Magelang. Satu porsi nasi sop ini berisi sup kacang merah lengkap dengan daging sapi atau ayam, wortel, kentang, bayam rebus dan taburan bawang goreng.

Di negara asalnya, sup ini punya nama Ertwensoep yang berarti sup kacang. Biasanya satu porsi Ertwensoep berisi kacang polong, daging asap, kuah kaldu, serta sayuran seperti wortel, bawang bombay, kentang, dan seledri.

19. Macaroni Schotel

ood-kuliner-belanda-macaroni-schotel

Karena bahan dasar dari kue ini adalah makaroni, maka ia adalah hidangan peninggalan dari eropa tentunya. Makanan yang dibuat dari olahan telur, susu, keju dan daging ini konon sudah ada sejak Indonesia masih dikuasai oleh Belanda.

20. Semur

news-food-kuliner-belanda-semur

Meskipun bercitarasa lokal, ternyata sejarah semur bisa ditelusuri sampai ke kuliner Belanda. Asal nama semur berasal dari bahasa Belanda smoor atau rebusan. Di Belanda sendiri smoor adalah daging yang direbus bersama tomat dan bawang.

Makan Jerman yang enak di The Docks BSD City

Di Indonesia, smoor berkembang dari sekadar rebusan daging sapi dengan tomat dan bawang menjadi masakan kaya bumbu dengan berbagai bahan dasar alternatif.

21. Perkedel

food-kuliner-belanda-perkedel

Perkedel atau kadang disebut begedel merupakan gorengan khas Indonesia yang terbuat dari berbagai macam bahan. Yang paling sering adalah perkedel kentang tumbuk. Namun kini perkedel juga bisa dibuat dari bahan tahu, ikan, jagung, dan bahan-bahan lain.

22. Risoles

food-kuliner-belanda-risoles

Risol adalah kuliner yang populer di negara-negara Eropa, termasuk Prancis. Berupa daging cincang dan sayuran yang dibungkus dadar tipis, lalu dibalut tepung panir, dan digoreng hingga renyah. Risol yang populer di Indonesia mengadopsi bentuk rissole dari Belanda.

22. Ayam Kodok

news-food-kuliner-belanda-ayam-kodok

Ayam kodok merupakan versi lokal dari chicken ballotine. Terbuat dari ayam tua, itik, atau kalkun utuh yang semua daging dan tulangnya dikeluarkan, digiling bersama bumbu, lalu dimasukkan kembali ke kulit ayam, dan dikukus. Biasanya masih dipanggang lagi sebelum disajikan.

Indonesia mengenal chicken ballotine ini dari Belanda. Kemudian masakan tersebut dimodifikasi dengan rempah-rempah nusantara hingga menjadi ayam kodok yang dikenal sekarang.

So sobat, melakukan traveling sekaligus menikmati kuliner yang mungkin tidak anda temukan di domisili Anda, penerbangan sudah mulai dibuka. Protokol menjaga kesehatan tetap kita patuhi agar tidak terkena virus copid-19.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka