10 Frontman Band Inggris Paling Ikonik Sepanjang Sejarah Musik (Part 2)

Daftar ini dikompilasi dari berbagai sumber, Mereka adalah pentolan Band dari tahun 1960an hingga 1990an, saat dunia musik dibanjiri oleh para pelopor gerakan Rock.

Tikum Musik – Setelah mengetahui daftar dari urutan 10-6 pada edisi kemarin, mari kita lihat urutan selanjutnya yang dimulai dari nomor 5-1 ‘Top Ten Frontman’ atau vokalis Band Inggris selanjutnya.

5. Ozzy Osbourne (Black Sabbath)

Ozzy adalah tokoh musik yang sangat berpengaruh dalam pengembangan musik heavy metal. Dia sudah menghabiskan lebih dari satu dekade di band yang memberi dunia album metal definitif Paranoid. Sang ‘Pangeran Kegelapan’ ini pernah dipecat dari Black Sabbath pada tahun 1979. Kejadian ini membuat dia terpuruk dan menghabiskan waktu selama tiga bulan dengan mengurung diri di kamar hotel ditemani minuman keras dan kokain hingga akhirnya Ozzy bertemu Sharon Levy yang kelak menjadi istrinya.

Sharon adalah satu-satunya wanita yang tahu bagaimana membuat ‘orang gila’ paranoid menjadi bugar dan mempertemukannya dengan mantan gitaris Quiet Riot, Randy Rhoads untuk kembali bangkit dan berkarya dalam musik. Ozzy adalah harta nasional Inggris yang tidak biasa tetapi tidak perlu dipertanyakan lagi pesona dan pengaruhnya dalam industri musik.

4. John Lennon (The Beatles)

Pilihan nomor ini kadang masih menjadi kontroversi, sebab Paul McCartney juga dianggap menjadi pusat perhatian Band The Beatles. Namun, Lennon mampu menjelajahi sisi alternatif dan eksperimental musik rock n roll, yang bertentangan dengan upaya McCartney ke dalam dunia musik soft pop-rock.

Lennon tidak hanya mampu memimpin The Beatles, dia juga pernah memimpin supergrup berumur pendek The Dirty Mac, sebuah band yang terdiri dari drummer Jimi Hendrix, Mitch Mitchell, Eric Clapton pada gitar dan Keith Richards pada bass. Warisan Lennon juga diperkuat oleh tragedi pembunuhannya pada tahun 1980.

3. Mick Jagger (The Rolling Stones)

Mick Jagger dilahirkan untuk berada di depan sebuah band. Menari di sekitar panggung seperti ballerina dengan gerakan merak ekspresifnya telah mengilhami banyak penggemar Rolling Stones sejak ia pertama kali memulai debutnya di tahun 1960-an.

Selain memiliki suara yang khas, pesona panggung Jagger sangat melekat pada para penggemarnya.

Apa yang membuat Jagger menonjol dari begitu banyak pentolan hebat Inggris lainnya adalah kemampuannya untuk tetap berjingkrak di sekitar panggung dengan semua kegembiraan. Berdasarkan majalah Vogue pada tahun 2019, Jagger punya rutinitas latihan fisik kombinasi balet, yoga, dan lari cepat. Sangat kontras dengan gitarisnya Keith Richards, yang punya gaya hidup dengan minuman keras dan rokok selama lebih dari setengah abad.

2. Ziggy Stardust (The Spiders From Mars)

Ziggy Stardust adalah karakter fiksi yang diciptakan seorang David Bowie saat masih bergabung dalam Band The Spiders From Mars antara tahun 1972 dan 1973.

Penampilan pertamanya pada 10 Februari 1972 di sebuah pub kecil di London hanya ditonton oleh sedikit orang. Akan tetapi, setahun kemudian Ziggy akhirnya tampil bermain di depan ribuan orang yang mengelu-elukan Namanya.

Banyak hal yang mencolok dari Ziggy, dengan berambut merah, polesan lambang petir pada wajah, sepatu bot luar angkasa dan jumpsuit spandex. Ziggy juga menggabungkan segala aspek dalam satu tampilan Glam rock Marc Bolan, Estetika teater Jepang dan kepekaan musik The Velvet Underground dan Iggy Pop. Dia sukses dalam menyatukan semua komponen ini untuk menciptakan sebuah pesona panggung paling ikonik dalam sejarah musik dan menjadi sebuah warisan yang berpengaruh dalam musik rock hingga saat ini.

1. Freddie Mercury (Queen)

Freddie Mercury yang terlahir dengan Farrokh Bulsara punya ciri khas panggung dengan memakai Jaket kuning, Singlet putih dan celana jins.

Freddie tidak diragukan lagi, Dia adalah pentolan terbesar Inggris sepanjang masa. Pria yang bisa ‘menggenggam’ ribuan orang di telapak tangannya dalam konser ini lahir dari keluarga Parsi-India dan menjadi salah satu ikon musik Inggris yang paling terkenal dan dipuja.

Freddie punya bakat yang luar biasa dalam menciptakan lagu, membuat musik yang inovatif dan menentang streotip dan konvensi untuk menjadi mega bintang yang mampu membuat setiap penonton ikut bernyanyi bersamanya pada konser Live Aid pada tahun 1985.

Bagi Freddie partisipasi penonton adalah sumber energinya, terutama menjelang akhir hayatnya dan ketika ia terus tampil meski semakin sakit. Jadi tidak mengherankan jika Freddie ada dalam daftar ini dan dianggap yang terbesar dari semua Frontman.

Nah, siapa yang menjadi Idola Anda dari 10 daftar vokalis Band Inggris yang kami tampilkan?

Jangan lupa berikan komentar di bawah yah Sobattikum.

Dapatkan updates langsung ke perangkat Anda, Join Sekarang.

Anda mungkin suka